Jumat, 24 April 2015

SISTEM INFORMASI PEMASARAN


        Sistem informasi pemasaran adalah kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut. Sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yg berkaitan dengan:
  • Produk (product) : produk apa yang dibeli pelanggan untuk memuaskan kebutuhannya.
  • Promosi (Promotion) : Meningkatkan atau mendorong penjualan.
  • Tempat (Place) : Cara mendistribusikan produk secara fisik kepada pelanggan melalui saluran  distribusi.
  • Harga (Price) : Terdiri dari semua element yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh  
  • pelanggan.
  • Sistem informasi pemasaran mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran 
    perusahaan. Subsistem intelejen pemasaran mengumpulkan informasi dari lingkungan 
    perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran. 
    Komponen Model Pemasaran
    Tiap Subsistem out put menyediakan informasi tentang Subsistem itu sebagai bagian dari 
    bauran Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan. Subsistem 
    promosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklana perusahaan dan penjualan 
    langsung. Subsistem harga membantu manajer untuk membuat keputusan harga.
    Komponen Input Pemasaran
    • Model digunakan untuk menghasilkan  informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya. Model merupakan cetakan yang merubah bentuk input menjadi output. Model di sistem informasi pemasaran banyak digunakan untuk menghasilkan laporan keperluan anggaran operasi, strategi penentuan harga produk, evaluasi produk baru, pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan produk lama,penunjukan salesman, penentuan rute pengiriman yang paling optimal, pemilihan media iklan yang paling efektif danuntuk persetujuan kredit.
    • Komponen Basis Data Pemasaran 
    • Data yang digunakan oleh Subsistem out put berasal dari data base. Beberapa data dalamdata base adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak .Yang berbagi dengan areafungsional lain.
    • Komponen Output Pemasaran 
    • Tiap Subsistem out put menyediakan informasi tentang Subsistem itu sebagai bagian daribauran Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan. Subsistempromosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklana perusahaan dan penjualan 
    • Penetuan harga berdasarkan biaya.Beberapa poerusahaan menggunakan penentuan harga berdasarkan biaya dengan menentukan biaya-biaya mereka dan menambahkan markup yang  diinginkan. Jika perusahaan memilki SIA yang baik, tersedia data biaya yang akurat mambuat  tugas Subsistem harga menjadi mudah untuk mendukung penentuan harga berdasarkan biaya
    • Penentuan harga berdasarkan permintaan. Kebijakan harga yang kurang berhati-hati adalahpenentuan harga berdasrakan permintaan yang menetapkan harga sesuai dengan nilai yang  ditempatkan oleh konsumen terhadap produk. 
     

1 komentar:

  1. Micro Touch Hair Trimmer - Titanium-ART.com
    This is the best razor titanium pickaxe terraria for titanium trim as seen on tv delicate hair, so titanium 4000 your hair titanium easy flux 125 amp welder will be titanium ore soft, but not so much soft. This is the result of the Tritanium Razor.

    BalasHapus